Skip to main content

Daun Pepaya untuk Ibu Hamil Boleh Dikonsumsi? Ahli Gizi Menjawab Seperti Ini

Tumis daun papaya dengan tambahan teri, pasti terbayang bagaimana kenikmatannya kan? Daun papaya adalah salah satu daun yang digemari untuk diolah menjadi berbagai olahan masakan, tapi gawatnya ada mitos yang mengatakan kalau ibu hamil tidak boleh makan daun papaya yang lezat itu? Apakah daun papaya dapat membahayakan janin?

Pepaya (Carica papaya) adalah salah satu tumbuhan berbuah yang berasal dari Mexico bagian selatan, dan juga berasal dari Amerika selatan. Namun kini pertumbuhannya telah menyebar luas hingga seluruh daerah tropis. Pohon pepaya kebanyakan tidak memiliki cabang, meskipun ada namun hanya sedikit. Pohon pepaya umunya tumbuh hingga setinggi 5-10 meter.

bolehkah ibu hamil mengkonsumsi sayur daun pepaya

Apa Benar Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Daun Pepaya?

Jawabannya tentu tidak ya. Daun pepaya menyirip menjadi lima di mana daun memiliki tangkai yang cukup panjang dan berlubang di tengah. Baik daun maupun bunganya biasanya diolah menjadi sayuran, namun tahukah ibu kalau dibalik mitos tidak bolehnya daun papaya untuk ibu hamil, ada manfaat yang dapat digunakan untuk memenuhi nutrisi janin? Berikut ulasannya

Daun pepaya diketahui kaya akan zat besi dan juga vitamin C. Para ahli gizi dan juga kandungan merekomendasikan konsumsi daun pepaya dan sayuran hijau lainnya sebab baik untuk kesehatan janin dan calon ibu. Kandungan zat besi di dalam daun pepaya diketahui berfungsi mengangkut okisgen dari paru-paru dan juga mengangkit elektron di dalam proses pembentukan energi dalam sel.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai pengangkut oksigen, zat besi bergabung dengan senyawa protein membentuk hemoglobin dalam sel darah merah dan myoglobin dalam serabut otot.

daun pepaya untuk ibu hamil

Daun papaya juga mencegah dan mengobati Anemia. Zat besi dalam jumlah yang cukup banyak dalam daun papaya, merupakan bahan utama pembentukan hemoglobin dalam darah. Dengan mengkonsumsi daun pepaya dalam jumlah yang tepat, masalah anemia (kurang darah) selama masa kehamilan dapat teratasi.

Mengonsumsi daun pepaya juga dapat mengatasi sembelit dan masalah pencernaan. Daun pepaya sangat kaya akan serat dan enzim papain. Kandungan ini bermanfaat untuk membersihkan organ-organ pencernaan terutama usus halus dan usus besar dari sumbatan-sumbatan akibat konsumsi makanan yang sulit dicerna seperti daging dan berbagai jenis sumber protein dan lemak lainnya.
Vitamin C yang terkandung cukup banyak dalam daun pepaya juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan ini dapat dimanfaatkan oleh ibu hamil untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya dari berbagai jenis infeksi mikroorganisme parasit seperti jamur, bakteri, maupun virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *