Skip to main content

Cara menyapih Anak dengan Baik

cara menyapih anak dengan baik

 

Bagi orang tua yang sudah mempunyai anak betapa bahagianya mereka atau Anda yang mempunyai anak baru yang masih bayi, tentunya juga masih menyusuikan?? ini adalah sebuah bentuk kasih sayang ibu terhadap anaknya anak yang masih bayi mendapat belaian dan kasih sayang dari ibunya, namun hubungan antara ibu menyusui anaknya ini harus ada akhirnya yaitu sering kita kenal dengan cara menyapihnya. memang ini tidak mudah tapi kami akan memberikan solusi cara menyapih bayi yang menyusui dengan cara efektif, aman, dan mudah. Lalu bagaimana cara menyapih anak bayi dengan cara yang aman dan efektif tersebut?? Untuk penjelasan berikutnya mari kita simak artikel di bawah ini.

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menyapih Anak dari ASI ??

 

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di www.mizarape.com

Menyapih anak bukanlah suatu hal yang mudah Anda sebagai ibu harus lebih lebih sabar dalam hal menyapih anak

Baca juga Biaya Ct Scan

Hingga saat ini banyak dari kalangan ibu menyusui yang bertanya tanya atau mencari tahu tentang cara menyapih anak dari ASI, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah menyapih anak dan bisa menjadi solusinya. Lalu kapan waktu yang tepat untuk menyapih anak dari ASI?? para dokter sudah menyatakan anak bayi boleh disapih ketika usianya sudah mencapai 6 bulan, dimana bayi yang sudah mencapai usia ini sudah dapat di beri makanan selain ASI, bahkan walau tetap menyusui tetap harus diberi makanan selain ASI, orang tua atau ibu khususnya dapat memberi susu formula atau makanan yang sesuai dengan usianya. Walau umur 6 bulan sudah boleh disapih waktu yang paling baik adalah ketika anak sudah berumur satu tahun atau dua tahun ketika Anda dan anak Anda sudah siap baik dari segi mental atau fisik yang sudah siap untuk menyapih sang anak bayi dari ASI

 

Cara Efektif Menyapih Anak dengan Baik

 

cara menyapih anak

 

  • Buatkan Makanan untuk Sang Bayi Ketika Anda mulai mengajari anak Anda makan sendiri mulailah buatkan makanan yang di sukai oleh anak dan biarkan dia makan sendiri, pada dasarnya anak akan bisa makan sendiri ketika dia sudah bisa menegakkan kepalanya, tubuh tegak, bisa duduk sendiri dll. Pada awalnya ketika awal – awal menyapih anak Anda akan rewel dan Anda harus tetap tenang dan harus tetap memberikan kebiasaan yang baik ini yaitu dengan memberikan sang anak makanan yang dia sukai, tapi ingat hindari makan makanan yang instan pada awal tahap perkenalan makanan, kaarena ada berbagai bahaya bubur instan bagi sang anak.
  • Kurangi Kebiasaan Menyusui, Menyusui adalah aktifitas yang menyenangkan baik oleh ibu atau anak, akan tetapi dalam waktu mau menyapih anak , Anda harus mencoba menghilangkan momen – momen itu bersama sang anak. Anda bisa menggunakan susu botol untuk di berikan kepada sang anak dengan bantuan susu botol anak tidak akan langsung mendapatkan air susu dari payudara secara langsung, tapi bila anak menolak maka Anda bisa membujuknya secara bertahap.
  • Buat Rencana Terbaik, Cara menyapih anak tidak bisa langsung dengan cara terburu buru atau tanpa rencana, perencanaan dengan waktu akan membuat anak lebih mudah menghadapi perubahan. Cara dengan menggunakan perencanaan dengan waktu juga bisa membuat anak yang dispih tidak merasa tersakiti, misalnya ketika Anda ingin menyapih anak di umur 2 tahun, maka dari umur 6 bulan Anda harus memberikan makanan pendukung ASI setelah itu berikan ASI seperti biasa pada waktu umur 18 belas bulan maka mulailah ajarkan anak untuk makan yang lebih banyak dari pada minum ASI pada usia 20 bulan berikan jenis minuman lain seperti susu formula atau jus dan ketika umur 24 bulan atau 2 tahun lepaskan ASI secara alami dan berikan alasan yang baik untuk anak.

 

Nah itulah cara menyapih anak dengan baik semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, sekian Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *