Skip to main content

Ciri2 dan Cara Mengobati Anemia

Definisi anemia adalah keadaan atau kondisi seseorang dimana hemoglobin pada tubuh kurang dari ukuran normal yaitu antara 10-12 g/dl. Hemoglobin berfungsi untuk mengikat oksigen yang digunakan untuk proses metabolisme pada tubuh. Sehingga jika hemoglobin tidak sesuai dengan ukuran normal atau kurang, maka bisa menyebabkan berbagai penyakit pada manusia.

Hal tersebut dikarenakan proses metabolisme pada tubuh kurang baik sehingga penyakit akan mudah datang. Tanda dan gejala anemia diantaranya yaitu mudah lelah dalam mengerjakan aktivitas, lemah, letih, lesu, pucat, sering mengantuk, serta konjutiva akan terlihat lebih pucat.

Anda bisa mengetahui konjutiva dengan cara menekan ke bawah kelopak mata hingga terlihat bagian dalam, jika warnanya pucat, maka kemungkinan besar Anda mengalami sakit anemia. Penyakit ini adalah salah satu dari penyakit peredaran darah yang cukup serius.

Penyebab, Macam-macam Anemia dan Cara Mengobati Anemia

Penyebab Penyakit Anemia

Ada beberapa penyebab dari penyakit anemia, di antaranya adalah mengalami pendarahan hebat, pecahnya pembuluh darah, akut (mendadak), tumor kandung kemih atau ginjal, pembedahan, kecelakaan, persalinan, pendarahan hidung, ulkus preptikum dan wasir. Kemudian bagi wanita yang mengalami menstruasi terlalu banyak atau yang mengalami pendarahan juga dapat terkena anemia.

Ciri2 dan Cara Mengobati Anemia

Selain itu, saluran pencernaan yang terdapat kanker atau polip juga rawan mengakibatkan anemia. Jika Anda menderita anemia, maka Anda akan merasakan dampak buruk dari penyakit anemia. Salah satu dampak anemia yaitu kelopak mata akan cenderung pucat dikarenakan kurangnya aliran darah yang menuju kelopak mata.

Macam-macam Penyakit Anemia

Pada sistem peredaran darah, ada berbagai macam anemia yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah anemia karena produksi yang terganggu, anemia defisiensi besi (anemia kekurangan zat besi), anemia defisiensi vitamin B12 (anemia pernisiosa), anemia defisiensi asam folat ( anemia megaloblastik), dan penyakit anemia aplastik.

Dari berbagai macam penyakit anemia, tentu disebabkan oleh masalah yang berbeda-beda dan membutuhkan penanganan anemia dengan cara yang berbeda pula. Ada yang disebabkan akibat kekurangan zat besi, ada juga cacing yang menyebabkan anemia, dan masih banyak lagi penyebab dari penyakit anemia.

Cara Mengobati Anemia

Setelah Anda mengetahui apa itu penyakit anemia, gejala anemia, penyebab anemia, dan macam-macam anemia, maka perlu Anda ketahui juga bagaimana cara mengatasi atau cara mengobati penyakit anemia. Meskipun cara mengobati anemia lebih sulit dibandingkan dengan cara mencegah anemia, namun hal ini harus diperhatikan guna menyembuhkan penyakit anemia yang sudah menyerang tubuh.

Ada berbagai cara untuk mengobati penyakit anemia, diantaranya adalah mengatur waktu untuk istirahat. Minimal dalam satu hari harus istirahat sekitar 7-8 jam sehingga tubuh akan merasa lebih kuat ketika melakukan aktivitas.

Cara mengobati penyakit anemia selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi makanan untuk penderita anemia. Makanan untuk orang yang menderita anemia harus mengandung zat besi, serta gizi yang cukup tinggi seperti mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

Ada banyak sekali buah yang bisa Anda dapatkan dengan mudah untuk mengobati penyakit anemia, diantaranya adalah buah jeruk, buah tomat, buah pepaya, tebu, buah jambu biji, dan masih banyak lagi buah yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit anemia.

Anda juga bisa mengobati penyakit anemia dengan cara melakukan olahraga ringan seperti melakukan jalan kaki di pagi hari atau bisa juga melakukan senam secara rutin. Dengan melakukan olahraga ringan, maka penderita anemia akan terobati dan bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat karena olahraga tidak hanya digunakan untuk mengobati penyakit saja namun juga mencegah penyakit serta menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *