Skip to main content

Ibu Menyusui Haid Tidak Teratur? Begini Kata Dokter Kandungan Penyebabnya

Panik ya bun, kenapa waktu menyusui enggak kunjung datang bulan? Tenang dulu bunda. Menyusui memang merupakan salah satu proses alami yang menghambat kembalinya siklus menstruasi normal, yang bisa menunda atau menurunkan peluang terjadinya pembuahan selanjutnya.

Diantara hikmahnya adalah memberi jarak secara alami antar kehamilan, sehingga ibu dan bayi dapat memperoleh manfaat maksimal dari proses menyusui dan lebih siap untuk kehamilan selanjutnya.

Penyebab Wanita Menyusui tidak Haid

apakah ibu menyusui boleh minum obat pelancar haid

Tidak terjadinya haid akibat proses menyusui disebut juga Lactational Amenorrhea (amenorrhea akibat laktasi). Setiap wanita mempunyai perbedaan kondisi. Sebagian wanita ada yang mengalami sampai berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan hingga 2 tahun proses menyusui, dan baru mengalami menstruasi setelah anak disapih.

Namun ada juga yang berlangsung dengan cepat. Umumnya, ibu yang menyusui eksklusif, dengan frekuensi cukup sering, siklus menstruasinya akan lebih lama tertunda dibanding yang tidak melakukannya.

Banyak yang mengatakan bahwa menyusui merupakan KB alami. Kenapa? Karena saat itu tidak terjadi proses ovulasi sehingga ibu tidak memiliki masa subur, sampai siklus tersebut kembali. Memang ada sebagian kecil Ibu yang belum haid, namun bisa hamil lagi, namun jumlahnya sangat jarang dan bisa jadi terkait dengan abnormalitas struktur rahim.

Apakah Ibu Menyusui yang tidak Haid Bisa Hamil?

apakah menyusui dapat memperlambat haid

Lalu kapan cara menandai masa subur? Masa subur baru bisa ditandai ketika siklus menstruasi sudah mulai kembali. Salah satu cara mengetahui hari-hari apa saja masa subur tersebut, selain dengan sistem kalender seperti biasanya, atau sistem suhu basal tubuh, juga dengan mengukur kadar hormon LH yang meningkat cepat menjelang ovulasi.

Lalu apakah ibu perlu menghentikan kegiatan menyusui agar bisa lekas subur? Jangan ya bunda. Asi merupakan penyumbang imunitas yang mencegah infeksi paru dan saluran napas, juga infeksi telinga. Dua infeksi ini sering juga dialami bayi yang masih rentan. Ibu yang menyusui juga terhindar dari perdarahan setelah melahirkan, rahim juga pulih dengan cepat.

Nah hal tersebut merupakan penjelasan kenapa ibu menyusui jarang sekali mengalami haid. Jadi bunda tidak perlu khawatir jika tidak terjadi haid saat menyusui.
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *