Skip to main content

Jenis-Jenis Peredaran Darah yang Perlu Anda Ketahui (Penjelasan Singkat & Padat) Beserta Contohnya

Ada beberapa teori di luar sana tentang, beberapa ahli berpendapat ada jenis pembagian dari sistem yang sering disebut dengan istilah sistem kardiovaskular ini. Jenisnya pada intinya terbagi menjadi 2, yaitu:

  1. Sistem peredaran darah terbuka
  2. Sistem peredaran darah tertutup

Perbedaan dari keduanya dapat Anda temukan dengan memahami teori dari masing-masing sistem peredaran darah. Bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) membahas rumusan ini ke dalam sub topik pelajaran Biologi. Mari kita bahas istilahnya ya.

Pengertian Sistem Peredaran Darah

Dalam artikel ilmiah tentang darah, definisi sistem peredaran darah adalah suatu sistem yang berfungsi memindahkan ke dalam sel dan menuju sel. Bahasa mudahnya adalah sirkulasi darah yang terjadi dalam tubuh.

Tentu organ yang berperan sangat penting adalah darah, kemudian jantung. Karena organ jantung lah yang memiliki fungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu ada juga organ lain yang saling membutuhkan dan bekerjasama untuk proses sirkulasi pergerakan darah ini.

Proses sirkulasi darah ini diawali dengan pengangkutan oksigen dari paru-paru ke sel karbondioksida dengan arah yang berlawanan. Kemudian proses peredaran darah adalah pengangkutan nutrisi dari sistem pencernaan (seperti nutrisi lemak, gula, protein dan apapun yang dikonsumsi oleh makhluk hidup). Proses ini disimpan sesuai kebutuhan tubuh untuk energi.

Jenis Peredaran Darah

Peredaran Darah Terbuka

Metabolisme setiap sel dalam badan akan terus berlangsung di kala jaringan ini terus aktif dan berjalan sesuai prosedur. Metabolisme inilah yang terus menerus bekerja mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh.

Peredaran darah terbuka biasa terjadi pada hewan sederhana. Kenapa? Karena jaringan organisme dalam hewan sederhana lebih simpel, sehingga organ yang saling terhubung juga sedikit. Contohnya adalah serangga dan udang.

Pengertian sistem peredaran darah terbuka adalah darah dipompa dan mengalir menuju rongga-rongga tubuh yang terbuka dalam tubuh. Hal ini menjadikan pembuluh darah dan tekanan darah dibawa ke rongga-rongga dalam tubuh.

Peredaran Darah Tertutup

Sedangkan definisi peredaran tertutup adalah prosesnya melibatkan paru-paru dan saluran sistemik dengan melibatkan pembuluh darah. Jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh akan melewati pembuluh darah. Jadi darah hanya mengalir di pembuluh darah yang ada di dalam tubuh saja.

Proses peredaran darah tertutup adalah dari paru-paru akan menerima oksigen dari luar tubuh, setelah oksigen terikat pada darah, kemudian prosesnya darah akan mengalir pada saluran sistemik, yaitu pembuluh darah, kemudian di bawa ke jantung dan oleh jantung akan di pompa ke seluruh bagian pada tubuh.

Pembagian / Kategorisasi Peredaran Darah Lainnya

Ada juga jenis peredaran darah yang dikenal oleh beberapa ahli, yaitu peredaran darah besar dan kecil. Hali ini juga dibahas detail di artikel perbedaan peredaran darah, baca yuk biar makin jelas pemahamannya. Di artikel lain, kami juga ada tulisan menarik tentang darah dan peredaran darah lo. Simak yuk tulisannya 😀