Skip to main content

Komponen Darah dan Masing-masing Fungsinya (Penjelasan Lengkap & Detail)

Darah adalah organ yang sangat penting bagi umat manusia, merupakan salah satu bagian organ dalam yang memiliki banak khasiat dan manfaat.

Pada tulisan kalli ini penulis akan membagikan sedikit informasi berkaitan dengan darah yang sangat penting dalam sirkulasi peredaran darah manusia.

Agar bermanfaat dengan baik, organ ini meski kita jaga agar selalu sehat dan membuat badan lebih sehat serta beroperasi maksimal, ada baiknya kita menjaga organ satu ini.

Lalu bagaimana cara membuat agar selalu sehat? Pertanyaan ini mungkin menghantui kita yang masih awam ini. Tetapi artikel kali ini mudah-mudahkan bermanfaat bagi kita pada umumnya.

Tabel Perbandingan Komposisi Komponen Darah

Komponen DarahJumlah
Plasma darah berjumlah berkisar antara 50% sd 60% dari volume darah.Air (cairan)91% sd 92% dari plasma darah
Protein7% sd 8% dari plasma darah
Ion, gula, lemak, asam amino, hormon danĀ  vitamin serta gas terlarut1% sd 2% dari plasma darah
Sel darah memiliki volume sebesar kurang lebih 40% sd 50% dari volume darah.Sel darah merah (Sel darah merah)4juta sd 5 juta sel/mL darah
Sel darah putih (leukosit)3.000 sd 6.750 sel/mL darah
Trombosit (keping darah)250.000 sd300.000 sel/mL darah

Darah memiliki bagian-bagian yang diantaranya komponen tersebut adalah sebagai berikut:

Sel Darah Merah

Komponen sel darah merah adalah bagian paling banyak dari cairan tubuh yang sangat penting ini, para ahli kesehatan dan kedokteran menunjukan bahwa ada sekitar 98% nya adalah termasuk komponen sel darah merah.

komponen darah lengkap

Fungsi dari eritrosit adalah untuk mengangkut udara oksigen dan membawa sari makanan yang menjadi sumber nutrisi tubuh. Semua ini dibawa oleh cell darah merah ini dari jantung ke seluruh tubuh.

Penyakit anemia atau kurang darah juga disebabkan karena sel darah merah ini, sumber nutrisi yang banyak mengandungnya ada pada kurma, buah jambu merah, habbatussauda dan pada ekstrak cacing tanah.

Volume sel darah merah sering ditakar dalam alat ukur Hb (Hemoglobin). HB adalah pigmen konjugat protein yang mengandung kelompok ‘heme’. Juga mengangkut karbon dioksida, sebagian besar yang dilarutkan dalam eritrosit dan pada tingkat lebih rendah dalam plasma.

Sedangkan bentuknya apabila diamati adalah berbentuk lonjong dengan memilki inti yang sangat kecil.

Sel Darah Putih

Sangat penting sekali dari membran komponen dari bagian peredaran darah besar dan kecil, memiliki tugas krusial yaitu melawan bakteri dan kuman sumber penyakit yang mencoba menerobos masuk ke tubuh.

Pada saat luka, sering kita melihat nanah berwarna keputihan, itu adalah bagian dari komponen metabulisme nya yang berjuang melawan sumber zat asing dari luar.

Karena fungsinya untuk kekebalan tubuh, sel darah putih sering disebut bagian dari sistem imun yang dapat memberikan perlindungan tubuh dari patogen yang menyerang

komponen darah dan fungsinya

Keping Darah

Trombosit adalah bagian yang penting pula bagi sistem peredaran darah pada manusia. Memili fungsi untuk membuat luka berdarah untuk segera cepat pulih dengan membeku lalu lekas mengering.

Untuk asupan makanan yang kurang keping darah ini bisa dengan mengkonsumsi makanan sumber vitamin K. Jika kadar trombosit dalam tubuh dibawah normal, maka akan kesulitan dalam proses pembekuan darah.

Demikian artikel kami tentang komponen darah yang sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kelangsunan tubuh manusia. Semoga tulisan ini memberikan wawasan dan membuka cakrawala kita, sehingga website mizarape ini pun bermanfaat bagi Anda serta pembaca jadi lebih waspada dan aware akan kesehatan organ ini. Terima kasih dan sampai jumpa.