Skip to main content

Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil – Tablet Baik untuk Kandungan Janin Bayi

Kebutuhan ibu hamil terhadap nutrisi sangatlah banyak, kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungan mengalami masalah. Salah satu kebutuhan nutrisi ibu hamil adalah zat besi. Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, saking pentingnya para ahli sangat merekomendasikan sekali.

kebutuhan zat besi ibu hamil

Zat ini berkaitan erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Zat besi (Fe) bermanfaat untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Dalam proses pengangkutan oksigen, zat besi harus bergabung dengan protein untuk membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot.

Bila bergabung dengan protein di dalam sel zat besi membentuk enzim yang berperan di dalam pembentukan energi di dalam sel. Manfaat zat besi untuk ibu hamil lebih dari sekedar pengangkut oksigen. Zat besi untuk ibu hamil bermanfaat untuk pertumbuhan janin, zat besi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia pada ibu hamil.

Karena selama kehamilan, volume darah pada ibu hamil meningkat 40-60%, maka untuk memenuhi kebutuhan ibu menyuplai makanan serta oksigen melalui plasenta dan sampai ke janin, maka ibu hamil harus mengonsumsi zat besi sekitar 40-50mg per hari. Zat besi juga membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka khususnya setelah melahirkan.

Pendapat Dokter Kehamilan untuk Konsumsi Tablet Zat Besi Bagi Ibu Hamil

Menurut DR. Dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K) dari FKUI RSCM, zat besi tidak hanya penting untuk ibu hamil tetapi juga untuk janin yang dikandung. Dengan mencukupi kebutuhan zat besi selama kehamilan akan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan organ tubuh bayi, menambah darah dan mencegah risiko bayi lahir prematur.

tablet zat besi untuk ibu hamil

Sebab, zat besi membuat sel darah merah yang menyediakan oksigen ke sel-sel untuk energi dan pertumbuhan. Makanan mengandung zat besi yang dikonsumsi ibu hamil juga membantu membangung tulang, tulang rawan dan jaringan ikat lainnya pada bayi. Kebutuhan sumber makanan ini sangat penting banget kan?

Kebutuhan Makanan Sumber Zat Besi untuk Obat Ibu Mengandung

Lalu makanan apa saja yang mengandung zat besi tinggi? Zat besi ditemukan pada gurita, caviar, hati sapi, tiram, kepiting, bebek, sarden, ikan makarel, daging kambing, telur, asparagus, bayam, buah tomat, edamame, kentang, bit, labu, kedelai, kacang merah, kacang koro, kacang hitam, kacang kapri, markisa, alpukat, sukun dan kurma. Jadi zat besi tidak cuma ada di pil atau produk merek tertentu saja ya.

makanan mengandung zat besi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *