Skip to main content

Mekanisme Pembekuan Darah Manusia Disertai Bagan Gambar Lengkap

Pembekuan darah adalah proses membekunya darah ketika terjadi luka di tubuh manusia, awalnya darah keluar dari dari dalam tubuh. Jika berjalan dengan normal, semestinya tubuh merespon langsung seketika secara otomatis setelah darah keluar yang disebabkan karena terpotong atau robek.

Tetapi jika tidak terjadi pembekuan darah, maka bisa dipastikan terdapat penyakit peredaran darah yang membahayakan tubuh terutama pada organ darah.

Tahapan Mekanisme Pembekuan Darah

Ada 3 bagian dalam darah yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan trombosit (keping darah). Bagian darah yang bermanfaat untuk pembekuan darah adalah trombosit.

bagan mekanisme pembekuan darah

Meknisme pembekuan darah adalah tindakan otomatis yang dilakukan oleh tubuh dalam menghadapi pembuluh darah yang rusak. Hal ini merupakan suatu respon kimia yang dilakukan oleh tubuh didalam darah yang melibatkan beberapa faktor-faktor pembekuan darah.

Adapun mekanisme pembekuan darah adalah sebagai berikut:

  1. Trombosit pecah lalu mengeluarkan trombokinasi
  2. Trombokinase lalu masuk ke dalam plasma darah
  3. Plasma darah mengubah protrombin menjadi trombin dengan bantuan vitamin K dan Ca²+
  4. Trombin yang terbentuk akan merubah fibrinogen menjadi benang-benang fibrin
  5. Benang-benang fibrin ini menyebabkan luka tertutup

Apabila luka yang terjadi hanya di permukan otot saja, biasanya darah lebih cepat membeku. Sebaliknya bila lukanya lebih dalam, diperlukan waktu yang lebih lama agar darah membeku.

Istilah dalam Pembekuan Darah

NoUnsur Mekanisme DarahFungsi Kegunaan Komponen Mekanisme Darah
1TrombositKeping darah yang berfungsi untuk membekukan darah yang luka agar tidak mengucur terus, pembekuan darah ini menjadikan kita tidak semakin terluka terus menerus
2TrombokinaseTrombokinase adalah sebuah protein yang terdapat pada jaringan sub-endotelial, keping darah dan sel darah putih, dan penting untuk reaksi kimiawi yang mengubah zimogen berupa protrombin menjadi trombin. Trombokinase juga sering disebut secara keliru sebagai tromboplastin
3Plasma DarahPlasma darah bergungsi engangkut sari-sari dari makanan untuk didistribusikan ke sel-sel serta bertugas untuk membawa sisa pembakaran dari sel-sel menuju tempat pembuangan, selain itu plasma darah juga menghasilkan sebuah zat kekebalan tubuh yang dapat melindungi diri
4TrombinEnzym dalam darah yang menjadi katalisator agar fibrinogen berubah menjadi benang-benang fibrin
5Fibrinogenfibrinogen adalah membantu tubuh atau bagian yang mengalami pendarahan akibat luka dalam membekukan darah sehingga darah yang keluar akan berhenti. Fibrinogen merupakan suatu protein yang larut, dapat mengapung pada aliran darah
6Benang-benang FibrinAdalah darah berwarna merah beku yang sering kita lihat ketika luka terpotong atau robek

Mekanisme pembekuan darah (HEMOSTASIS dan TROMBOSIS) memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh manusia karena luka yang terjadi akan cepat sembuh.

Kalau tidak terjadi pembekuan, biasanya darah akan mengalir-terus menerus. Solusinya biasanya adalah dilakukan penutupan dengan menggunakan perban dan diikat dengan kuat.

Agar tubuh merespon lebih cepat, beberapa tipsnya adalah memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K. Fungsi vitamin K pada umumnya adalah membantu penyerapan zat kalsium yang kita dapat dari konsumsi makanan sehari-hari. Jadi vitamin ini sangat berperan penting dalam pembentukan tulang. Yang tidak kalah penting, sebagai pengontrol pada saat proses pembekuan darah.

mekanisme pembekuan darah adalah

Adapun sumber vitamin K bisa kita dapatkan dari makanan sebagai berikut:

  1. Mentimun
  2. Kubis
  3. Daun bawang
  4. Asparagus
  5. Minyak Ikan
  6. Selada
  7. Brokoli
  8. Kacang polong
  9. tomat
  10. Daun singkong

Demikian sekilas pembahasan kami mengenai proses mekanisme pembekuan darah dalam tubuh manusia, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Amin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *