Skip to main content

Pantangan untuk Penderita Darah Tinggi

Darah tinggi adalah salah satu penyakit yang termasuk berbahaya  karena penyakit darah bisa menyebabkan datangnya penyakit lain seperti stroke, serangan jantung, dan juga gangguan pembuluh darah. Selain itu darah tinggi juga bisa menyababkan gangguan diabetes, dan serangan pada penyakit ginjal, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang serius, untuk itu marilah kita mengetahui pantangan apa saj yang tidak boleh dilakukan bagi pengidap penyakit darah tinggi. Banyak yang mengatakan bahwa penyakit darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi daging baik berupa gule ataupun sate, jadi semisalkan datang hari raya idul adha qurban, banyak orang yang menderita darah tinggi untuk makan makanan daging qurban tersebut, untuk ingin tahu lebih detailnya mari kita simak artikel berikut ini.

 

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di www.mizarape.com

Sebuah ilmu yang harus Anda perhatikan

Darah tinggi akan meningkat apabila ketika pembuluh darah menyempit, datak jantung yang kencang, dan volume cairan di dalam darah.

Baca juga Penyebab radang tenggorokan

 

Pantangan Bagi Pengidap Darah Tinggi

 

1. Garam atau Makanan yang Asin

Garam atau makanan apa saja yang ada tambahannya garam merupakan salah satu faktor utama yang bisa membuat kadar darah tinggi meningkat jadi garam ini merupakan salah satu pantangan yang utama baik untuk penderita darah tinggi atau sakit jantung, karena garam bisa merusk pembuluh darah dan arteri dalam jantung sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, hipertensi dan juga stroke.

 

2. Gula atau Makanan yang Manis

Pantangan bagi para penderita darah tinggi selanjutnya adalah rasa manis seperti gula atau makan makanan yang lainnya yang rasanya manis, karena makanan manis bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dan juga berat badan sehingga bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, dan jika mengkonsumsi makanan manis yang berlebihan juga dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung, stroke dan juga darah tinggi.

 

pantangan-darah-tinggi

 

3. Makanan yang Tinggi Lemak Jenuh atau Daging Berlemak

Makanan yang mempunyai lemak jenuh seperti daging merah yaitu daging sapi, daging domba, daging kambing, daging babi, daging kuda ataupun daging merah yang lainnya. Jadi betul kata orang – orang bahwa para penderita darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi daging qurban atau daging merah, karena daging merah yang mengandung lemak juga bisa mempunyai kandungan berbagai jenis racun yang bisa menyebabkan meningkatnya penyakit darah tinggi dengan sangat cepat.

 

4. Makanan Olahan atau Cepat Saji

Pantangan selanjutnya bagi para penderita darah tinggi adalah makan makanan yang instan sepert mie instan dsb, karena makan makanan yang cepat saji biasanya mengandung garam, gula atau bahan perasa lainnya dan tentu saja hal itu bisa menyebabkan meningkatnya darah tinggi atau hipertensi.

 

5. Merokok

Merokok bukanlah sebuah makanan atau minuman akan tetapi merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan, kebanyakan orang yang menderita darah tinggi masih saja merokok, merokok juga dapat meningkatkan resiko lainnya seperti serangan jantung, stroke dll. Untuk itu kebiasaan merokok haruslah ditinggalkan karena itu dapat merusak kesehatan.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pantangan bagi para penderita darah tinggi atau hipertensi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda terutama bagi para pengidap penyakit darah tinggi, sekian Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *