Skip to main content

Penyebab dan Ciri-Ciri Penyakit Beri Beri

Sakit beri beri adalah penyakit yang sudah tidak asing lagi karena penyakit beri beri disebabkan kekurangan vitamin B, itulah penyebab utama seseorang terkena beri beri. Seperti yang Anda ketahui jika vitamin B sangat besar perannya dalam memberikan pengaruh terhadap sistem tubuh. Ada dua jenis penyakit beri beri yaitu beri beri basah dan beri beri kering. 2 penyakit ini harus Anda ketahui untuk melakukan pengobatan lebih lanjut.

Banyak yang bertanya-tanya apa itu penyakit beri beri dan bagaimana pencegahan  penyakit beri beri.

Penyakit Beri Beri Basah dan Beri Beri Kering, Cara Mencegah Penyakit Beri Beri, dan Cara Pengobatan Beri Beri Secara Alami

Beri Beri Basah

Pada beri beri basah ini, tanda-tanda dari beri beri adalah sesak napas karena sistem kardiovaskular terganggu, kaki membengkak yang mana pembengkakan ini disebut juga sebagai edema karena otot polos pembuluh darah yang terpengaruh oleh vena dan arteri rileks. Kemudian tanda berikutnya adalah detak jantung menjadi lebih cepat yang dapat memicu melemahnya kerja jantung, Anda juga menjadi cepat lelah yang datang tanpa suatu alasan jelas.

Penyebab dan Ciri-Ciri Penyakit Beri Beri

Selanjutnya adalah mengalami penurunan berat badan yang cepat dan terbentuk cekungan ketika pembengkakan pada betis ditekan.

Beri Beri Kering

Gejala penyakit beri beri kering yang sering muncul adalah kesemutan karena peredaran darah yang tidak lancar, cadel yang mana karena terdapat gangguan pada saraf lidah, merasa kebingungan yaitu kesehatan sistem saraf otak tidak mendapatkan vitamin B1 yang cukup, terjadi lemah otot karena saraf perifer mengalami kerusakan karena kekurangan thiamin, dan kesulitan berjalan karena kaki sering merasa pegal, kram, dan otot menjadi lemah.

Pecegahan Terjangkit Penyakit

Seperti yang Anda ketahui jika penyakit beri beri adalah penyakit akibat kurangnya Thiamin atau vitamin B1 di dalam tubuh. Vitamin ini bertugas sebagai koenzim dalam proses pembuatan glukosa. Oleh karena itu, cara paling ampuh dalam pencegan terjangkit penyakit ini adalah rajin mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan, daging serta susu dan sereal.

Sayuran semacam labu, bayam dan asparagus adalah sayuran yang disarankan agar Anda terhindar dari penyakit beri-beri. Selain itu, cara lainnya adalah tidak memasak terlalu lama makanan yang di dalamnya terdapat banyak vitamin B1 karena dapat merusak kandungannya. Yang terpenting adalah dengan menghindari konsumsi alkohol secara berlebihan.

Cara Pengobatan Beri Beri Secara Alami

Apabila Anda terdeteksi terkena beri beri maka sebaiknya cobalah untuk melakukan pengobatan secara alami, yaitu dengan menggunakan minyak kesambi yang mana Anda dapat mencapur minyak kesambi 6 sendok makan dengan beras merah yang selanjutnya diremas-remas kemudian balur pada area yang terkena beri beri. Ada juga daun singkong, caranya cuci 8 helai daun singkong, kukus dan dapat disantap sebagai lalapan.

Selanjutnya adalah menggunakan ketumbar dan pangi, yaitu dengan menyiapkan 7 biji ketumbar, 25 gram kunyit, 5 gram kulit tanaman pangi, serta selembar daun pangi yang sudah tua. Sema bahan tersebut ditumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang bengkak. Ada juga akar pohon jali, caranya adalah rebus 15 gram akar kering dengan 4 gelas air hingga menyusut menjadi 2 gelas. Minumlah air rebusannya pada pagi dan sore hari.

Demikian penjelasan mengenai beri beri basah dan beri beri kering yang perlu Anda ketahui. Kemudian ketika Anda terkena beri beri maka konsumsi lah makanan yang mengandung vitamin B1 karena penyakit beri beri kekurangan vitamin B1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *