Skip to main content

Perbedaan Sistem Peredaran Darah Tertutup dan Terbuka pada Tubuh Manusia

Definisi Pengertian Sistem Peredaran Darah

Darah adalah komponen penting bagi umat manusia, aliran oksigen diteruskan keseluruh tumbuh manusia melalui darah, disinilah berkumpulnya sari-sari makanan dan juga oksigen untuk keberlangsungan tubuh kita.

Tugas lain dari darah adalah membuang zat yang tidak penting dan membahakan kesehatan yang beraada pada tubuh untuk dibuang keluar dengan perantara karbon dioksida.

Pengertian sistem peredaran darah adalah sistem mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan kemudian kembali lagi ke jantung lagi melalui pembuluh darah.

Sistem ini sangat penting bagi tubuh, Sistem tersebut yang membuat manusia tatap dapat bertahan hidup. Kita juga harus tahu aneka kerusakan gangguan sistem ini yang biasa disebut dengan penyakit peredaran darah, tentu gangguan sakitnya sangat fatal sekali.

peredaran darah manusia
Pembagian Peredaran Darah Menurut Teori Ilmiah

Ada dua jenis sistem sirkulasi darah, yaitu peredaran darah terbuka dan peredaran darah tertutup.

Pengertian peredaran darah terbuka adalah distribusi cairan darah ke jaringan tubuh tidak selalu melewati pembuluh darah.  Hal ini disebabkan karena arteri yang dari jantung memiliki katup (valvula) yang mencegah darah masuk lagi ke jantung.

Arteri yang menutupi sirkulasi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Arteri optalmik /mata terletak di median dorsal di atas lambung & keluar menuju bagian muka lalu ke bawah bercabang-cabang menjadi 2
  2. Dua buah arteri antena terletak bersebelahan dengan arteri optalmik menuju ke bagian muka, lalu bercabang ke bawah. Arteri ini memberi darah ke daerah lambung, antena alat ekskresi dan otot serta jaringan kepala lainnya
  3. Dua saluran arteri hati meninggalkan jantung menuju kelenjar pencernaan & berada di bawah arteri antena
  4. Saluran arteri dorso abdominalis menuju posterior & berfungsi memberi darah ke dorsal maupun abdomen

Contoh hewan dengan sistem peredaran darah terbuka adalah hewa arthropoda (hewan berbuku-buku) seperti belalang, laba-laba, udang dan lain-lain.

sistem peredaran darah

Perbedaan Peredaran Terbuka dan Tertutup pada Manusia

Peredaran Darah TerbukaPeredaran darah Tertutup
Terdapat pada mayoritas hewan tidak bertulang belakang (invertebrata)Terdapat pada manusia dan mayoritas hewan bertulang belakang (vertebrata).
Sistem peredaran darahnya masih sederhanaSistem peredaran darahnya kompleks yang terdiri dari vena, arteri, dan pembuluh kapiler.
Belum memiliki jantung dan kapiler sejati.Mempunyai kapiler dan jantung sejati untuk memompa darah.

 

Manusia termasuk ke dalam sistem peredaran darah tertutup dikarenakan sirkulasinya melewati jantung sebanyak dua (2) kali. Dengan rincian sebagai berikut ini:

  1. Peredaran darah besar adalah beredarnya darah dari arah jantung / bilik kiri ke keseluruh tubuh (kecuali paru-paru) kemudian kembali ke jantung /serambi kanan
  2. Peredaran darah kecil adalah beredarnya darah dari arah jantung /bilik kanan menuju ke paru-paru lalu kembali ke jantung / serambi kiri

Kami juga ada tulisan lebih lengkap membahas peredaran darah besar dan kecil, di sana tulisan lebih lengkap beserta contoh dan alur yang terperinci.

 

sistem peredaran darah tertutup

Contoh dari hewan yang tidak bertulang belakang (invertebrata) yang memiliki sistem peredaran darah tertutup adalah Annelida (cacing bersegmen).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *