Skip to main content

Perbedaan Tulang Rawan dan Tulang Keras

Tulang atau kerangka adalah salah satu bagian yang penting di dalam tubuh kita karena tulang juga sebagai penopang tubuh, tanpa tulang kita tidak akan bisa berdiri. Dan tulang sendiri terbentuk sejak saat kita masih dalam kandungan hal ini berlangsung terus menerus hingga dekade kedua dalam susunan yang teratur. Banyak jenis pada tulang baik dari segi bentuk ataupun penyusunnya, berikut jenis klasifikasi tulang.

tulang kasar dan tulang rawan

 

Klasifikasi Tulang

1. Tulang Rawan (Kartilago)

Tulang rawan tersebut terdiri dari sel – sel rawan (kondrosit), serabut kolagen, dan juga matriks. Dan sel – sel tulang tersebut oleh bakal sel – sel rawan yaitu kondroblas, dengan berdasarkan susunan serabutnya tersebut tulaang rawan dapat di golongkan menjadi tiga jenis yaitu:

  1. Tulang rawan hialin, tulang rawan hialin ini memiliki serabut yang tersebar dalam sifat anyaman yang halus dan juga rapat, selain itu tulang rawan hialin ini terdapat pada ujung – ujung tulang rusuk yang berada menempel pada tulang dada.
  2. Tulang rawan elastis, tulang rawan elastis ini adalah susunan sel dan matriksnya sama dengan susunan tulang rawan hialin namun bentuk dan sifatnya tidak sehalus dan serapat tulang rawan hialin, tulang rawan elastis tersebut terdapat pada bagian daun telinga, laring dan juga epigloti.
  3. Tulang rawan fibrosa, tulang rawan fibrosa ini matriknya tersusun kasar dan tidak beraturan, dan tulang rawan fibrosa terdapat pada cakram antar tulang belakang dan juga tulang simfisis pubis, contoh tulang rawan fibrosa ini berada pada bagian pertautan tulang kemaluan.

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di www.mizarape.com

Urutan peredaran darah besar itu dimulai dari jantung – bilik kiri – aorta- pembuluh nadi – pembuluh kapiler – vena cava superior – vena cava interior – serambi kanan

Baca juga Cara menyapih anak dengan baik

2. Tulang Keras (Osteon)

Tulang keras ini terbentuk dari tulang rawan yang mengalami penulangan (osifikasi) saat tulang rawan (kartilago) terbentuk rongga – rongga matriksnya itu terisi dengan sel osteoblas, sementara osteoblas sendiri adalah lapisan sel muda. Dan osteoblas sendiri akan menyereksikan zat interseluler seperti kolagen yang akan mengikat zat kapur, lalu osteoblas yang dikelilingi zat kapur itu akan mengeras dan akan menjadi osteosit (sel tulang keras).

Pada antar sel tulang satu dengan sel tulang yang lainnya tersebut dapat dihubungkan dengan sitoplasma yang biasa di sebut juga dengan nama kanalikuli, adan tiap – tiap satuan sel osteosit tersebut akan mengelilingi suatu sistem syaraf dan juga pembuluh darah sehingga dapat membentuk sistem Havers

 

Berikut perbandingan atau perbedaan antara tulang rawan dan juga tulang keras.

Tulang Rawan:

Tidak mudah patah bentuknya lentur, dan lunak.

Sel penyusunnya chondrocyte

Dan jaringannya banyak mengandung zat perekat dan sedikit mengandung zat kalsium

Tulang Keras:

Mudah patah, keras dan kaku

Sel penyusunnya osteocyte

Jaringannya banyak mengandung zat kalsium dan sedikit mengandung zat perekat

 

perbedaan tulang rawan dan tulang keras

 

Perbedaan tulang rawan dan tulang keras bila kita lihat dari segi struktur fisiknya sebagai berikut.

Tulang Rawan:

Tulang rawan pada dasarnya terdiri dari sel kondrosit yang menghasilkan ektraselular yang terdiri dari serat kolagen, proteoglycan, dan serat elastin. Dan tipe – tipe yang berbeda dari tulang lunak ini mengandung komponen – komponen pada proposi yang berbeda, tulang rawan tidak seperti tulang keras tulang rawan tidak mengandung pembuluh darah sedangkan tulang kasar mengandung pembuluh darah.

Tulang Kasar:

Struktur tulang kasar merupakan kombinasi dari sel tulang mati dan hidup yang tertanam pada matriks, bagian dalam dari tulang keras dapat disebut juga jaringan spons, berpori dan berfungsi untuk melindungi sumsum tulang dan juga pembuluh darah.

 

Nah itulah artikel yang dapat saya tulis hari ini, semoga penjelesan tentang perbedaan tulang rawan dan tulang keras atau kasar ini dapat menambah wawasan Anda sekian Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *