Skip to main content

Peredaran Darah Besar dan Kecil Lengkap dari Sistem, Perbedaan, Siklus & Urutannya

Pembagian Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Manusia adalah makhluk sempurna, tercipta dengan organ tubuh yang teratur berbeda dengan hewan. Hal ini pula yang terjadi pada sistem peredaran manusia yang sangat sempurna berbeda dengan makhluk lain seperti binatang yang peredaran darahnya sangat sederhana.

Di dunia ilmiah modern, sirkulasi beredarnya darah pada tubuh manusia ini oleh para ahli biologi kesehatan modern dibagi menjadi 2 kategori jenis yaitu sistem peredaran besar dan kecil.

Pada teori lain berdasarkan metabolisme darah dan karakteristik organismenya, para pakar dokter ilmuwan membagi menjadi 2 (dua) juga yaitu peredaran darah terbuka dan tertutup.

Pada tubuh manusia termasuk dalam jenis peredaran darah tertutup karena organ yang sempurna, berbeda pada sebagian binatang seperti pada cacing yang masih sangat sederhana, sehingga termasuk dalam kategori peredaran darah terbuka.

Topik kali ini, kita akan membahas peredaran darah pada manusia saja, yang mana tadi sudah kami jelaskan terbagi menjadi besar dan kecil. Apa saja itu? Definisi pengertian serta penjelasan lengkapnya? Mari kita simak artikel dibawah ini.

Pengertian Sistem Peredaran Darah

peredaran-darah-pada-manusia-

Sistem peredaran darah manusia adalah suatu sistem yang kompleks yang terjadi di dalam organ tubuh manusia yang bersifat menyebarkan nutrisi dan oksigen serta zat lainnya dari jantung ke seluruh tubuh lalu kembali ke jantung lagi.

Yang tak kalah penting dari penyaluran oksigen dan nutrisi ini adalah pengangkutan hormon penting bagi tubuh, distribusi panas tubuh, sel-sel kekebalan imunitas semua ini dialirkan ke seluruh tubuh oleh sistem yang kompleks ini.

Beberapa organ tubuh yang ikut andil dalam sistem rumit ini akan kami jelaskan secara mendalam, apa aja? Baca ulasan dibawah ya

Darah

Karena disebut dengan peredaran darah, tentu darah adalah bagian paling penting dalam sistem ini. Sirkulasi darah ke seluruh tubuh itulah yang disebut dalam sistem ini.

Darah adalah cairan wajib bagi hampir semua makhluk hidup yang hidup di dunia. Berfungsi sangat vital yaitu menggerakkan oksigen, nutrisi dan zat laiinya dari jantung ke segala penjuru tubuh.

Darah sendiri terdiri dari sel-sel darah yang satu sama lain sangat berguna untuk kelangsungan hidup manusia. 3 (tiga) jenis sel darah itu yaitu sel darah merah (95% darah adalah sel ini).

2 (dua sel) darah lainnya setelah sel darah merah adalah sel darah putih (berperan melawan bakteri luar yang masuk ke tubuh) dan keping darah (sangat penting untuk pembekuan luka agar tertutup) .

Pembuluh Darah

Organ ini adalah bagian dari tubuh yang berfungsi mengalirkan tepat di dekat jantung berfungsi mengalirkan darah masuk ke jantung dan mengalirkan darah keluar dari jantung.

Cara kerja pembuluh dari untuk peredaran darah kecil dan besar pun berbeda. Dikarenakan masing-masing bagian pembuluh darah yaitu pembuluh nadi, pembuluh kapiler dan pembuluh balik.

Siklus darah nanti juga sangat berkaitan dengan pembuluh darah ini, karena saling berkaitan dan terhubung satu sama lain untuk tercipatanya siklus yang sempurna keberlangsungan hidup manusia.

Organ Jantung

Salah satu yang paling krusial dalam metabolisme tubuh adalah organ jantung. Mempunya tugas memompa darah ke seluruh tubuh, awal dari sistem sirkulasi darah dimulai dari organ ini.

sistem-peredaran-darah-jantung-

Fungsi pemompaan darah oleh jantung melalui pembuluh darah dalam sirkulasi darah. Sangat vital sekali organ ini karena sari makanan yang kita konsumsi plus udara yang kita hirup diolah dan dibawa oleh darah dan semua itu dimulai dari jantung.

Bagian dari jantung ada 13 yang masing-masing memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Apa saja bagian dari organ tubuh jantung? Berikut adalah rinciannya:

Bagian-bagian Jantung beserta Fungsinya untuk Sistem Peredaran Darah

NOBagian Organ JantungPengertianFungsi Kegunaan
1AortaAorta adalh sebuah arteri terbesar dalam tubuh yang lokasinya di bagian atas jantung.Berfungsi paling penting adalah untuk membawa darah yang mengandung suatu oksigen dari ventrikel kiri ke semua bagian tubuh.
2Vena Kava SuperiorVena kava superior (vena cava) ialah suatu vena besar dalam tubuh yang letaknya juga di bagian atas jantung.Berguna sangat penting, vena kava superior ialah untuk membawa kembali darah kaya karbon dioksida dari semua tubuh bagian atas ke jantung.
3Arteri PulmonalisArteri pulmonalis ialah suatu arteri yang mengangkut darah berasal awalnya dari jantung ke bagian organ paru-paru.Fungsi arteri pulmonalis adalah Untuk mengganti suatu karbon dioksida dan uap air yang ada di dalam darah dengan oksigen.
4Katup AortaKatup aorta ialah suatu katup yang memisahkan suatu ventrikel kiri dengan aorta. Perubahan suatu tekanan darah pada kedua sisi katup yang menyebabkan suatu katup dapat terbuka dan tertutup.Fungsi katup aorta : Untuk mencegah suatu darah mengalir ke arah yang salah.
5AtriumAtrium adalah suatu bentuk jamak dari suatu atria yang memiliki  arti yang sama dengan serambi. Atrium memiliki dua bagian, yaitu Terdapat dua atrium yaitu atrium kiri (serambi kiri) dan atrium kanan (serambi bagian kanan). Atrium memiliki dua ruangan teratas dari empat ruang utama pada organ jantung.Fungsi utama atrium kiri dan atrium kanan adalah atrium kiri untuk menerima darah dari paru-paru yang banyak oksigen dan membawanya ke suatu ventrikel kiri. Sedangkan fungsi atrium kanan ialah untuk menerima darah dari seluruh tubuh yang banyak akan karbon dioksida yang kemudian membawanya ke ventrikel kanan.
6Vena pulmonalisVena pulmonalis ialah suatu vena yang membawa darah yang kaya oksigen dari paru-paru ke jantung tepatnya di suatu atrium kiri. Atrium kiri memiliki bagian ukuran yang lebih kecil dari vena cava dan terdiri dari suatu vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri.Fungsi vena pulmonalis yaitu untuk membawa darah yang kaya oksigen kembali ke suatu jantung yang selanjutnya diedarkan ke semua tubuh.
7Katup TrikuspidalisKatup trikuspidalis atau katup trikuspid ialah suatu katup yang memiliki tiga daun katup. Katup ini bisa terbuka jika sistole berkontraksi kemudian bisa menutup kembali.Fungsi katup trikuspidalis : Untuk memisahkan suatu atrium kanan dan suatu ventrikel kanan dan untuk membantu mengalirkan darah miskin oksigen dari suatu atrium kanan ke ventrikel sebelah kanan.
8Katup MitralKatup mitral / yg disebut bicuspid  ialah suatu katup yang memisahkan suatu atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini bisa terbuka pada saat darah kaya oksigen di atrium kiri hendak mengalir ke bagian ventrikel kiri.Fungsi katup mitral : untuk mencegah suatu darah yang telah berada di suatu ventrikel kiri kembali ke bagian atrium kiri.
9VentrikelVentrikel adalah memiliki dua ruang kosong dari empat ruang di bagian bawah jantung. Ventrikel juga sering disebut dengan bilik. Ada dua bagian ventrikel, merupakan ventrikel kiri (bilik kiri) dan ventrikel kanan (bilik kanan).Fungsi ventrikel : untuk menerima darah dari suatu atrium yang kemudian membawanya keluar dari suatu jantung. Fungsi ventrikel kiri yaitu untuk menerima darah dari suatu atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh. dan fungsi ventrikel kanan ialah untuk menerima darah dari atrium kanan dan membawanya ke sebuah paru-paru.
10Vena Kava InferiorVena kava inferior / vena cava inferior ialah suatu vena terbesar dalam sistem organ manusia.Fungsi vena kava inferior yaitu untuk membawah darah dari bagian bawah tubuh ke atrium kanan jantung.
11Katup AtrioventrikularKatup atrioventrikular atau katup atrioventrikuler ialah suatu katup yang terletak di antara suatu atrium dan suatu ventrikel.Fungsi katup atrioventrikular adalah untuk membuat suatu darah hanya bisa mengalir dari suatu atrium ke ventrikel.
12Dinding JantungDinding jantung ialah suatu bagian terluar yang melapisi suatu jantung. Dinding jantung ini terdiri dari tiga macam lapisan yaitu lapisan endokardium (terdalam), lapisan miokardium (bagian tengah), & lapisan epikardium (terluar). Lapisan Endokardium yang terdiri dari epitel pipih selapis. Lapisan Miokardium yang terdiri dari otot kardiak (otot jantung). Lapisan Epikardium ialah suatu membran fibrosa.Fungsi dinding jantung adalah untuk membuat jantung berdetak dan mencegah agar jantung tidak bocor.

sistem-peredaran darah besar dan kecil

Indikasi fisik bahwa sistem ini bekerja dengan baik adalah detak jantung manusia. Dengan setiap detak jantung tunggal, jantung mengangkut darah ke seluruh tubuh.

Peredaran darah dapat berjalan dengan baik, tak lepas dari bantuan jantung. Jantung berdenyut untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Normalnya denyut jantung orang dewasa sekitar 72 denyut per menit.

Denyutan ini melemah seiring bertambahnya usia dan saat seseorang dalam keadaan tidur. Peredaran darah terdiri dari pembuluh darah, sejumlah otot yang membantu berjalannya darah, jantung serta darah itu sendiri.

Darah mengalir menjauh dari jantung untuk menuju ke seluruh bagian-bagian tubuh.

Sistem Peredaran Darah Besar

Peredaran darah besar adalah bagian dari peredaran darah manusia yang disebut dengan peredaran darah ganda atau rangkap. Karena ada besar dan kecil makanya disebut ganda, berbeda dengan hewan atau binatang yang hanya memiliki peredaran darah tunggal.

Pengertian peredaran darah besar adalah mengalirnya darah yang mengangkut oksigen dan sari-sari makanan dari jantung ke seluruh tubuh kita kemudian kembali lagi ke jantung.

Berikut ini adalah tahapan step by step dari awal hingga akhir perjalanan darah besar:

ventrikel kiri -> aorta (nadi) -> seluruh tubuh -> vena cava -> atrium kanan

Pada pembuluh kapiler darah yang mengandung oksigen ini akan bertukar dengan darah yang mengandung karbondioksida, selanjutnya darah masuk ke saluran venul dan akan mengalir pada vena.

Vena bagian bawah dan vena bagian atas akan bertemu di vena cava untuk memasuki serambi kanan dan melanjutkan perjalanan menuju bilik kanan dengan melewati katup trikuspid, sedangkan pada karbon dioksida dari sel menyebar dalam darah.

Pertukaran gas ini berlangsung dengan bantuan kapiler kecil yang mengelilingi sel-sel tubuh.

Pada pembuluh kapiler darah yang mengandung oksigen ini akan bertuka dengan darah yang mengandung karbondioksida, selanjutnya darah masuk ke saluran venul dan akan mengalir pada vena

pembuluh-darah-arteri-

Sistem Peredaran Darah Kecil

Peredaran darah kecil lebih sederhana daripada peredaran darah besar, kenapa disebut kecil karena mengalirnya darah ini tidak ke seluruh tubuh, tapi cuma sampai paru-paru saja lalu kembali ke jantung.

Rotasi perjalanan pertama dari peredaran darah kecil siklus sirkulasinya dapat dilihat sebagai berikut:

ventrikel -> dexter (bilik kanan) -> pembuluh arteri -> paru-paru -> vena pulmonalis -> atrium sinister (serambi kiri)

Darah mengalir melewati pembuluh ini menuju jantung, sesampainya di jantung, jantung akan mengeluarkan karbondoksida dalam bentuk udara dan menghirup kembali udara yang mengandung oksigen.

Meski sistem peredaran darah terdiri dari dua siklus, keduanya terjadi bersamaan. Jadi tidak bergantian ya, tapi aktif keduanya secara simultan.

Urutan Siklus Peredaran Darah pada Manusia

Urutan siklus peredarah darah besar: Dimulai dari ventrikel kiri kemudian ke aorta (nadi) lalu ke seluruh tubuh dilanjutkan ke vena cava terakhir ke bagian jantung yaitu atrium kanan

Urutan siklus peredaran darah kecil: Berawal dari  ventrikel kemudian berlanjut ke dexter (bilik kanan) lalu ke pembuluh arteri lanjut ke paru-paru kemudian ke vena pulmonalis dan terkahir ke bagian atrium sinister (serambi kiri)

Darah mengalir melewati pembuluh ini menuju jantung, seampainya di jantung , jantung akan mengeluarkan karbondioksida dalam bentuk udara dan menghirup kmbali udara yang mengandung oksigen.

Oksigen yang dihirup oleh paru-paru akan dibawa ke vena pulmonal untuk di alirkan ke serambi kiri dan akan menuju bilik kiri dengan melewati karup biksuspid, untuk menjalani kembali sistem peredaran darah besar.

Perbedaan Peredaran Darah Besar dan Kecil

 peredaran darah kecil adalah

  1. Peredaran darah besar mengalir ke seluruh tubuh
  2. Peredaran darah kecil hanya sampai paru-paru
  3. Peredaran darah besar lebih kompleks dan yang diangkut lebih banyak
  4. Peredaran darah kecil hanya mengangkut oksigen dan zat sedikit saja
  5. Peredaran darah besar disebut peredaran darah panjang
  6. Peredaran darah kecil disebut juga dengan peredaran darah pendek
  7. Peredaran darah besar disebut Sistemik
  8. Peredaran darah kecil disebut Pulmonalis

Secara ringkas peredaran darah kecil dari jantung bagian bilik kanan menuju paru paru bagian kiri dan kanan melalui arteri pulmo. lalu melalui vena pulmo menuju jantung bagian serambi kiri dan kembali menuju jantung.

Sedangkan peredaran darah besar dari jantung bagian bilik kiri menuju seluruh tubuh melalui aorta atau arteri terbesar dan melalui vena cava menuju jantung bagian serambi kanan. setelah itu kembali ke jantung.

Manfaat Peredaran Darah

  • Mengangkut nutrisi sumber makanan yang dikonsumsi ke seluruh bagian tubuh manusia
  • Mengangkut udara segar yang dihirup manusia ke seluruh tubuh & mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh untuk dibawa ke paru-paru
  • Mengangkut hormon-hormon dari pusat asal produksinya menuju ke bagian-bagian tubuh yang memerlukannya.
  • Mengangkut sisa-sisa metabolisme dan bekas nutrisi dari sel tubuh menuju organ ginjal
  • Menjaga kestabilan suhu tubuh agar tetap berada hangat 36° C sampai 37° C. Hal ini dikarenakan temperatur tubuh manusia tidak dipengaruhi oleh lingkungannya. Namun dapat dijaga melalui sistem peredaran darah. Caranya adalah dengan menyebarkan energi kalori dalam tubuh secara merata ke semua bagian dari tubuh.
  • Membunuh bakteri yang menyerang ke dalam tubuh manusia
  • Mengedarkan hormon yang dibutuhkan oleh organ tubuh

Penyakit yang Muncul disebabkan Gangguan Sistem Peredaran Darah

  1. Hemofilia, penyakit karena pembuluh darah susah membeku
  2. Anemia, menurunnya volume darah sel darah merah
  3. Sklerosis, pengendapan kapur atau lemak di pembuluh darah
  4. Erytroblastosis fetalis, perbedaan rhesus darah ibu dan anak
  5. Leukemia, leukosit yang abnormal
  6. Thalasemia, bentuk sel darah tidak beraturan
  7. Hipotensi, tekanan darah rendah
  8. Hipertensi, tekanan darah tinggi

Demikian pembahasan kami tentang sistem peredaran darah besar dan kecil, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan ilmu pengetahuannya. Amin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *