Skip to main content

Plasma Darah dan Fungsi (Penjelasan Lengkap) dari Pengertian, Ciri-ciri & Jenis-jenisnya

Plasma darah adalah organ tubuh bagian dari darah yang memiliki fungsi sangat strategis untuk kesehatan dan kebaikan tubuh manusia.

Dari segi fungsinya, bagian dari sistem peredaran ini memiliki kegunaan yang bila terjadi gangguan dapat mengakibatkan penyakit peredaran darah yang serius dan sangat fatal akibatnya.

Kesehatannya perlu kita jaga, tidak boleh dianggap sepele ya. Karena sekali terjadi gangguan bisa menyebabkan efek yang bisa menjadikan penderitanya sakit sangat kompleks.

Bagian plasma darah yang mempunyai fungsi penting dalah serum, serum ini dikelaurkan dipisahkan oleh fribrinogennya. Berwarna cerah dan jernih dan mengandung antibodi untuk menghancurkan protein asing yang masuk ke dalam tubuh.

plasma darah adalah

Pengertian Plasma Darah

Arti atau definisi plasma darah adalah bagian dari cairan darah, berwarna agak kekuning-kuningan yang terdiri dari 3 bagian penting dari darah. Jenis dari plasma darah ini sering disebut dengan istilah sel darah.

Di dalam plasma darah sendiri merupakan zat penting yang sangat dibutuhkan untuk metabolisme organisme tubuh untuk keberlangsungan sistem peredarah tubuh yang optimal.

Dalam kandungan plasma darah berisi dari sari-sari makanan, zat penting nutrisi, oksigen, albumin, protein, hormon-hormon yang sangat krusial untuk sirkulasi tubuh.

Simak juga perbedaan peredaran darah besar dan kecil untuk mengetahui lebih jauh dari plasma darah. Adapun dalam plasma darah, Protein dalam plasma darah adalah zat yang paling banyak, lalu apa saja manfaat plasma darah?

Manfaat Plasma Darah dalam Peredaran Darah Manusia

Plasma darah sangat banyak fungsinya, misalnya sebagai media untuk pertukaran mineral vital seperti natrium dan kalium dan membantu menjaga keseimbangan pH (asam-basa) yang tepat dalam tubuh, yang sangat penting untuk fungsi sel.

Berikut ini kegunaan plasma darah adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai pengangkut getah hormon dari kelenjar buntu
  2. Penjaga temperatur suhu tubuh
  3. Berfungsi untuk mencegah infeksi terhadap sel darah putih,
  4. Berguna untuk mengatur dan menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh
  5. Bermanfaat untuk mengangkut air dan sekaligus menyerbakan kedalam tubuh
  6. Berkhasiat penting sebagai pengangkut sari makanan
  7. Sebagai organ yang sangat untuk mengangkut hasil oksidasi untuk dibuang melalui alat ekskresi
  8. Kegunaan penting lainnya sebagai pengangkut Oksigen dan disebarkan keseluruh tubuh

ciri-ciri plasma darah

Tabel Komposisi Plasma Darah

ComponentPercentage
Water91%
Proteins7%
Salts1%
Lipits0.6%
Glucose0.1%

Jenis Plasma Darah Kategori Pembagiannya & Ciri-cirinya

Dalam plasma darah terdapat zat penting yaitu sari makanan & mineral yang terlarut dalam darah, misalnya monosakarida, asam lemak, gliserin, kolesterol, asam amino, dan garam-garam mineral.

Selain itu di dalam organ plasma ini juga terdapat Enzim, hormon, dan antibodi, sebagai zat-zat hasil produksi sel-sel.

Yang tidak kalah penting juga, dalam plasma juga terdapat Protein yang terlarut dalam darah, molekul-molekul ini berukuran cukup besar sehingga tidak dapat menembus dinding kapiler. Protein yang terkandung albumin, Fibrinogen dan globulin.

Dari segi jenisnya, plasma darah dibagai menjadi 3, yaitu:

Sel darah merah

Merupakan bagian terpeting dari plasma, berwarna merah dan merupakan volume terbesar dari darah yaitu 98% darah terdiri dari plasma ini.

Memiliki fungsi untuk kekebalan tubuh, penyakit kekurangan sel darah merah (Hb) Haemoglobin sering disebut dengan anemia.

Sel darah Putih

Leukosit dalam istilah ilmiahnya, berfungsi untuk melawan bakteri sumber penyakit yang menyerang tubuh yang biasanya kuman itu berasal dari luar.

plasma darah dan fungsinya

Nanah yang muncul ketika luka artinya adalah sel darah putih bekerja efektif melawan kuman atau virus, serhingga warnanya agak putih.

Keping darah

Keping darah atau trombosit memiliki fungsi sangat baik untuk penyembuhan luka berdarah agar cepat membeku dan mengering, sumber makanan yang banyak baik untuk dikonsumsi adalah vitamin K.

Selain darah bisa di donorkan, plasma darah juga bisa kita donor lo.