Skip to main content

Urutan Peredaran Darah Besar dan Strukturnya

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskuler adalah organ yang berfungsi untuk memindahkan zat dari sel ke sel. sistem peredaran darah ini ada dua macam yaitu sistem peredaran darah terbuka dan sistem peredaran tertutup, sistem peredaran darah juga merupakan bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah atau yang sering kita kenal dengan sistem kardiovaskular. Dan apkah Anda sudah mengetahui sistem peredaran darah besar dan kecil?? lalu apakah Anda juga mengetahui struktur alat peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia?? Berikut kami akan menjelasskan sedikit tentang struktur alat peredaran darah, sistem peredaran darah besar, dan juga sistem peredaran darah kecil. Berikut penjelasannya.

 

urutan peredaran darah

 

Struktur Peredaran Darah Manusia

 

Sistem peredaran darah itu tersusun dari jantung yang merupakan pusat peredaran darah dan juga pembuluh – pembuluh darah itu sendiri .

1. Jantung

Jantung sendiri mempunyai empat ruang yang terbagi sempurna, yang mempunyai dua serambi yakni serambi kanan dan serambi kiri selain mempunyai serambi kanan dan serambi kiri jantung juga mempunyai bilik kanan dan juga bilik kiri , tempat jantung sendiri berada diatas diafragma. Jantung terbungkus oleh perikardium yang terdiri dari dua lapis yaitu lamina panistalis di sebelah luar, dan juga lamina viseralis yang menempel pada dinding jantung.

Urutan peredaran darah besar itu dimulai dari jantung – bilik kiri – aorta- pembuluh nadi – pembuluh kapiler – vena cava superior – vena cava interior – serambi kanan

Kenali Gejala Gangguan Peredaran Darah Agar Terhindar dan Lebih Aware

Waspadai aneka penyakit peredaran darah! Pelajari lebih mendalam di link tersebut.

2. Pembuluh Darah

Pembuluh darah adalah bagian sistem sirkulasi yang mengangkut darah ke seluruh tubuh. Ada tiga jenis [embuluh darah yaitu

  1. Arteri adalah pembuluh darah berotot yangberfungsi untuk membawa darah dari jantung dan fungsi arteri ini bertolak belakang dengan fungsi pembuluh yang balik yang membawa darah ke jantung.
  2. Kapiler yang berfungsi sebagai tempat pertukaran seperti pertukaran air, oksigen, karbondioksida, serta nutrisi dan zat kimia sampah antara darah dan juga jaringan disekitarnya.
  3. Vena atau pembuluh balik ini berfungsi untuk membawa darah ke jantung, darah yang di bawa ini banyak mengandung karbondioksida.

Arteri dan vena itu terletak bersebelahan, sementara dinding arteri lebih tebal daripada dinding vena. Dinding arteri dan dinding vena ini mempunyai tiga lapisan, yaitu lapisan bagian dalam yang terdiri dari lapisan endothelium, lalu lapisan tengah yang terdiri dari otot polos dengan serat elastis dan yang terakhir yaitu lapisan luar yang terdiri dari jaringan ikat dan serat elastis. Cabang yang terkecil dari pembuluh arteri dan vena yaitu pembuluh kapiler. Pembuluh darah kapiler ini mempunyai ukuran yang sangat kecil dan hanya memiliki satu lapisan tunggal yaitu lapisan endhothelium dan juga membran basal.

 

Peredaran Darah Besar dan Darah Kecil

 

sistem peredaran darah besar

1. Sistem Peredaran Darah Besar

Sistem peredaran yang dimilik manusia yaitu sistem peredaran besar, peredaran darah besar ini dimulai dari darah keluar dari jantung melalui aorta menuju ke seluruh tubuh kemudian setelah semua tubuh teraliri oleh darah maka darah itu akan kembali ke jantung melalui pembuluh vena yang membawa darah yang mengandung karbondioksida. Berikut urutan peredaran darah besar

Yaitu dimulai dari jantung – bilik kiri – aorta- pembuluh nadi – pembuluh kapiler – vena cava superior – vena cava interior – serambi kanan.

2. Sistem Peredaran Darah Kecil

Berbeda dengan sistem peredaran darah besar, sistem peredaran darah kecil ini berfungsi untuk mengalirkan darah ke paru – paru. Sirkulasi darah tersebut bertujuan untuk merubah kadar karbondioksida dan oksigen yang terdapat di dalam darah melalui paru – paru. Intinya dari darah kotor di bawa ke arteri pulmonalis dan menuju vena pulmonalis lalu keluar menjadi bersih dan dibawa ke jantung. Berikut urutan sistem peredaran darah kecil

Yaitu dimulai dari bilik kanan jantung – arteri pulmonalis – paru-paru – vena pulmanolis – serambi kiri jantung.

Untuk lebih detail, klik juga wawasan tentang sistem peredaran darah besar dan kecil lebih lengkap bahasannya.

Nah itulah artikel hari ini tentang urutan peredaran darah besar dan kecil dan struktur sistem peredaran darah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekian Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *