Skip to main content

Efek Ibu Hamil Minum Yoghurt Menurut Dokter Menyebabkan Hal Berikut Ini

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt sebenarnya dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat, yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang unik pada yoghurt. Rasa yoghurt sangatlah menyegarkan.

Mengingat yoghurt berasal dari fermentasi bakteri, banyak ibu hamil yang khawatir jika meminum yoghurt maka akan berdampak negatif pada kesehatan janin. Kekhawatiran itu sebenarnya wajar-wajar saja, namun ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi yogurt sepanjang kehamilan. Dengan syarat bahwa yogurt itu memiliki kualitas yang baik dan telah diproses dengan higienis.

Oleh karena itu terdapat tips memilih yoghurt yang dapat mengurangi resiko yang tidak diinginkan. Memilih yoghurt yang baik dapat dilakukan dengan cara, memilih yoghurt yang telah dipasteurisasi. Proses pasteurisasi dilakukan oleh produsen yogurt yang menggunakan standar tinggi dalam proses pengolahan yogurt. Label pasteurisasi biasanya dicantumkan dalam kemasan.

Ibu hamil juga disarankan untuk tidak mengonsumsi yogurt yang produk rumahan, sebab dikhawatirkan prosesnya tidak higienis sehingga yogurt mungkin tercemar oleh bakteri atau kuman. Ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi jenis yogurt yang terbuat dari susu rendah lemak, selalu perhatikan label yang tercantum dalam kemasan yogurt.

Ketentuan Minum Yogurt Buat Ibu Hamil

yoghurt cimory untuk ibu hamil

Hindari yogurt yang menggunakan bahan tambahan seperti pemanis atau perasa tambahan, dan perhatikan tanggal kadaluarsa yogurt pada kemasan. Dilihat dari asal yoghurt yang berasal dari fermentasi susu, pastilah yoghurt juga mengandung banyak manfaat, khususnya manfaat untuk ibu hamil.

Namun menurut berbagai sumber, mengkonsumsi 250 ml yoghurt segar tiap hari sudah sangat mencukupi. Yoghurt terbaik untuk ibu hamil adalah plain yoghurt (yang tidak diberi perisa dan pewarna) atau sweet-plain (yoghurt plain yang hanya diberi gula/madu). Jika ingin menggunakan perisa dan pewarna, gunakanlah sedikit saja dan pastikan menggunakan perasa khusus yoghurt dan pewarna makanan berkualitas tinggi. Apa saja manfaat yoghurt bagi ibu hamil?

Yoghurt mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk menunjang proses kehamilan, terutama protein, kalsium (Ca), vitamin D, dan serat. Protein membantu proses pembentukan sel-sel tubuh janin, kalsium membantu proses pembentukan tulang dn gigi, vitamin D mencegah pre-eklampsia, dan kandungan seratnya mencegah ibu hamil dari masalah sembelit Yoghurt juga.

Sebagai sumber probiotik (bakteri baik dalam pencernaan) dan prebiotik (makanan bakteri baik), yoghurt membantu fungsi sistem pencernaan, sehingga keluhan sulit buang air besar dan sembelit semakin berkurang.

yoghurt untuk ibu hamil muda

Yoghurt plain yang masih segar dan baru diproduksi juga masih mengandung bakteri hidup yang baik untuk pencernaan. Jika bibit yoghurtnya mengandung bakteri probiotik (seperti Lactobacillus acidophilus), yang akan menjaga usus sang ibu tetap dalam kondisi terbaik, mencegah serangan penyakit yang masuk lewat makanan. Khasiat yogurt untuk ibu hamil, Kadar probiotik pada yoghurt berada dalam titik terbaik pada 1-2 hari setelah produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *